logo lowonganbaru.com

Contoh Surat Resign Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat resign

Daftar Isi

Mengundurkan diri dari pekerjaan adalah keputusan besar yang perlu disampaikan dengan cara yang tepat. Salah satu langkah penting dalam proses ini adalah menulis surat resign kerja yang sopan dan profesional. Surat resign tidak hanya berfungsi sebagai pemberitahuan resmi kepada perusahaan, tetapi juga mencerminkan sikap dan etika kerja Anda. Berikut adalah panduan lengkap untuk menulis surat resign kerja yang efektif, beserta contoh yang dapat Anda gunakan.

Mengajukan surat resign adalah bagian dari etika profesional yang harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Surat ini membantu menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan memastikan proses transisi yang lancar. Sebelum kita membahas contoh surat resign, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan.

Tips Menulis Surat Resign Kerja

1. Sampaikan dengan Jelas dan Singkat: Jelaskan maksud Anda untuk mengundurkan diri secara langsung dan singkat. Hindari penjelasan yang terlalu panjang dan bertele-tele.
2. Tentukan Tanggal Efektif: Cantumkan tanggal terakhir Anda akan bekerja. Ini memberikan waktu bagi perusahaan untuk mencari pengganti dan mengatur transisi tugas.
3. Berterima Kasih: Tunjukkan apresiasi Anda atas kesempatan yang telah diberikan oleh perusahaan. Sebutkan hal-hal positif yang Anda alami selama bekerja di sana.
4. Tawarkan Bantuan Transisi: Sampaikan kesediaan Anda untuk membantu dalam proses transisi, seperti melatih pengganti Anda atau menyelesaikan proyek-proyek penting.
5. Gunakan Bahasa Formal: Meskipun hubungan Anda dengan atasan mungkin cukup dekat, tetap gunakan bahasa yang formal dan profesional dalam surat resign.

Contoh Surat Resign Kerja

Berikut adalah contoh surat resign kerja yang dapat Anda jadikan referensi:


[Nama Anda]
[Alamat]
[Email]
[Nomor Telepon]
[Tanggal]

Kepada Yth.
[Atasan/Human Resource Department]
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Perihal: Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [Nama Anda], ingin mengajukan pengunduran diri dari posisi [Jabatan Anda] di [Nama Perusahaan] efektif mulai tanggal [Tanggal Terakhir Bekerja].

Keputusan ini saya ambil setelah melalui pertimbangan yang matang. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh [Nama Perusahaan] untuk belajar dan berkembang dalam lingkungan kerja yang profesional. Pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja di sini sangat berharga dan akan selalu saya kenang.

Selama sisa waktu saya di [Nama Perusahaan], saya berkomitmen untuk membantu memastikan proses transisi berjalan lancar. Saya siap untuk melatih pengganti saya dan menyelesaikan proyek-proyek yang sedang berjalan.

Sekali lagi, terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan. Saya berharap [Nama Perusahaan] terus sukses di masa mendatang.

Hormat saya,

[Nama Anda]


Kesimpulan

Menulis surat resign kerja yang baik adalah bagian penting dari etika profesional. Surat yang jelas, sopan, dan informatif membantu menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan mempermudah proses transisi. Dengan mengikuti tips dan contoh di atas, Anda dapat membuat surat resign yang efektif dan profesional.

Surat resign tidak hanya menunjukkan rasa hormat Anda kepada perusahaan tetapi juga mencerminkan profesionalisme dan etika kerja yang baik. Semoga panduan ini membantu Anda dalam menulis surat resign kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat melanjutkan perjalanan karier Anda ke tahap berikutnya!

Tags :
Bagikan Artikel