Lowonganbaru.com

Penyebab Yang Membuat Tidak Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

penyebab tidak lolos prakerja

Daftar Isi

Pengumuman penerimaan Kartu Prakerja telah diumumkan pada Jumat, 15 Juli 2022. Jika lolos biasanya akan mendapatkan notifikasi melalui SMS atau email, Selain itu juga dapat di cek pada dashboard akun pada website https://dashboard.prakerja.go.id. Jika anda tidak lolos bisa jadi karena beberapa penyebab yang membuat anda tidak lolos pada seleksi pendaftaran Kartu Prakerja. apa saja penyebab yang membuat tidak lolos pada pendaftaran Kartu Prakerja? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Kesalahan pada NIK (Nomor Induk Kependudukan)

Pendaftaran kartu Prakerja menggunakan integrasi basis data kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri. Oleh karena itu pada saat pendaftaran pastikan data anda sudah valid. Kesalahan data atau kesalahan pengetikan pada pengisian NIK dapat menyebabkan data tidak bisa terverifkasi oleh sistem.

2. Termasuk Kedalam Kriteria Yang Dilarang Pemerintah

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020, pemerintah mengeluarkan kriteria yang tidak berhak untuk mendaftar dan mendapatkan Kartu Prakerja. Mereka yang tidak berhak adalah pejabat negara, pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat, aparatur sipil negara, TNI, Polisi, kepala desa dan perangkatnya, dan direksi hingga dewan pengawas BUMN atau BUMD.

3. Penerima Bantuan Sosial

Pendaftar prakerja juga dipastikan tidak akan lolos apabila pernah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial maupun bantuan upah gaji dari Kementerian Ketenagakerjaan. Selain itu Penerima Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai juga tidak bisa mendaftar Kartu Prakerja.

4. Pernah Lolos di Gelombang Sebelumnya

peserta yang sudah pernah lolos sebagai penerima Kartu Prakerja, tidak dapat mendaftar kembali menggunakan data yang sama, karena program Kartu Prakerja hanya dapat diterima sekali seumur hidup.

5. Dua Anggota Keluarga Sudah Pernah Lolos Kartu Prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja hanya diperbolehkan maksimal dua NIK dalam satu kartu keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja. Jika anda sudah berkali kali mendaftar namun tidak pernah lolos maka coba di cek dulu apakah ada 2 anggota keluarga anda lainnya (dalam satu kartu keluarga) sudah pernah lolos Kartu Prakerja.

6. di Blacklist

Bagi peserta yang sebelumnya sudah lolos seleksi tapi tidak segera membeli pelatihan, maka status kepesertaan akan dicabut. Peserta yang dicabut sudah pasti akan dimasukan kedalam daftar hitam. Peserta yang pernah di cabut kepesertaannya otomatis juga akan dimasukkan kedalam daftar hitam dan tidak bisa mendaftar Kartu Prakerja lagi.

7. Kuota Telah Melebihi Batas

Salah satu penyebab lainnya anda tidak lolos Kartu Prakerja juga dapat di akibatkan karena banyaknya jumlah pendaftar dibandingkan peserta yang diterima setiap gelombangnya. Jadi bisa saja anda tersisih dari sistem dikarenakan kuota peserta Kartu Prakerja yang terbatas.

Nah itu dia penyebab tidak lolos Kartu Prakerja, Bisa jadi salah satu faktor diatas menjadi penyebab anda selama ini tidak lolos dalam mendaftar Kartu Prakerja, Maka sebelum mendaftar pastikan bahwa anda sudah siap dan memenuhi persyaratan yang telah di tentukan dalam mendaftar Kartu Prakerja.

Baca juga : Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 44 Tahun 2022

Tags :
Bagikan Artikel